Wednesday, November 26, 2008

Penginderaan Jauh Kelautan - suhu permukaan laut

Berikut sekedar sharing tulisan yang tertulis di skripsi KAJIAN SUHU PERMUKAAN LAUT
BERDASARKAN ANALISIS DATA PENGINDERAAN JAUH DAN DATA ARGO FLOAT DI SELATAN PULAU JAWA, PULAU BALI DAN KEPULAUAN NUSA TENGGARA.
-------------------------------------------------------------------------------
aji skripsi
-------------------------------------------------------------------------------------
--------------------------------------------------------------------------------
Perkembangan cepat teknologi penginderaan jauh (remote sensing) menjadikannya sebagai metodologi survey mutakhir yang secara kontinyu dapat dimanfaatkan untuk menyajikan kondisi laut dengan akurat secara ruang dan waktu. Saat ini banyak citra penginderaan jauh yang dapat dimanfaatkan untuk aplikasi kelautan terutama lapisan permukaan laut, diantaranya ialah NOAA- AVHRR (National Oceanic and Atmospheric Administration - Advanced Very High Resolution Radiometer) dan Aqua MODIS (Aqua - Moderate Resolution Imaging Spectroradiometer).

Stasiun bumi NOAA menerima data AVHRR dari satelit dalam bentuk data mentah yang dikenal dengan data HRPT (High Resolution Picture Transmission) secara rutin 2 – 4 kali/hari. Oleh karena itu, siklus harian NOAA cukup baik untuk mengamati perubahan yang terjadi di laut dengan resolusi spasial yang terbatas mencapai 1,1 km. Cakupan citranya cukup luas dengan lebar pandang mencapai 2399 km pada setiap citra global yang dihasilkan.

Data MODIS memiliki resolusi temporal 1-2 hari dan data dapat diperoleh melalui download dalam format data HDF (Hierarchical Data Format). Resolusi spasial dari 250 m (band 1-2), 500 m (band 3-7), dan 1 km (band 8-36) dengan cakupan citra mencapai 2330 km.

Saluran-saluran radiasi inframerah termal dari NOAA-AVHRR dan Aqua MODIS, berfungsi untuk mendeteksi radiasi termal yang dipancarkan oleh permukaan bumi. Berdasarkan hubungan antara suhu dengan intensitas emisi maka data AVHRR dan MODIS dapat dimanfaatkan untuk mengukur suhu permukaan laut.

Suhu permukaan laut merupakan parameter yang berkaitan dengan berbagai fenomena laut, sehingga dapat digunakan untuk mengidentifikasi daerah upwelling, front, arus laut, arus eddie, daerah konsentrasi ikan dan kemungkinan kandungan mineral (Medellu, 1986). Selain itu, data suhu permukaan laut amat penting untuk mengetahui keseimbangan laut dan atmosfer dari waktu ke waktu (Constan et al., 1983 dalam Medellu, 1986).

------------------------------------------------------------------------------------
Citra merupakan gambaran visual tenaga yang direkam dengan menggunakan piranti penginderaan jauh (Ford, 1979, dalam Sutanto, 1986).

Oseanografi dapat didefinisikan secara sederhana sebagai suatu ilmu yang mempelajari lautan (Hutabarat dan Evans, 1985).

Remote Sensing biasa juga disebut sistem penginderaan jauh merupakan suatu teknologi yang memanfaatkan gelombang elektromagnetik untuk mendeteksi dan mengetahui karakteristik objek di permukaan bumi, baik daratan maupun permukaan laut dan perairan tanpa melakukan kontak langsung dengan objek yang diteliti tersebut (Lillesand dan Kiefer, 1979).

Suhu adalah ukuran energi gerakan molekul (Paena, M., 2002).

--------------------------------------------------------------------------------------

Salam Penginderaan Jauh untuk Kelautan bagi Indonesia tercinta...

Aji Putra Perdana


*to be continued......